Lokasi Makam Sunan Ampel

Lokasi Makam Sunan Ampel

Hai penjelajah Wisata Religi, Salam hangat dari kami untuk anda semua, semoga sehat selalu dimanapun anda berada. Kali ini Admin kami akan membagikan sebuah artikel tentang Religi dan kali ini kami akan fokus membagikan sebuah informasi tentang Salah satu Wisata Religi yaitu Makam Sunan Ampel Kota SBY, Jawa Timur jadi silahkan di simak ya kawan semoga bermanfaat untuk anda semua Amin....

Biasanya saat menjelang Bulan Suci Rahmadan, Banyak Umat Muslim yang melakukan Ziaroh ke makam - makam para Ulama', kyai, dan Wali yang pastinya yang di Ziarohi ini biasanya yang sangat berpengaruh pada penyebaran Agama Islam yang ada di Indonesia dan salah satunya di Jawa ini lebih tepatnya di Kota Surabaya Jawa Timur terdapat Waliyullah yang bernama Asli yaitu Rahmatulloh atau Raden Rahmat dan kini sering di sebut sebagai Sunan Ampel, Beliau adalah salah satu dari 9 (sembilan) Wali atau yang biasa disebut sebagai Wali Songo yang berarti Sembilan Wali. Beliau (Sunan Ampel) ini adalah Pria kelahiran 1401 di Champa, Beliau adalah putra dari salah satu Waliyullah juga yang bernama Maulana Malik Ibrahim atau sekarang sering di sebut sebagai Sunan Gresik dengan pasangannya (Istrinya) yang bernama Dewi Chandrawulan beliau adalah Putri raja Champa.

Awal mula Penyebaran Agama islam yang dilakukan oleh Raden Rahmat yaitu ketika beliau berkunjung ke rumah bibinya, yang bernama Dwarawati yang menikah dengan Raja Majapahit yaitu Prabu Sri Kertawijaya. Nah di dalam kunjungannya itulah Reden Rahman atau Sunan Ampel diminta untuk mengajari rakyat Majapahit yang kala itu sedang mengalami Degadrasi moral, Kurang lebih terdapat 300 keluarga yang beliau tangani dan beliau mendirikan pemukiman di salah satu daerah yaitu yang bernama Tanah Ampeldenta, di Surabaya. Dari situlah beliau mendapat julukan sebagai Sunan Ampel.

Beliau Selama Mendidik di Tanah Majapahit, Raden Rahmat di nikahkan dengan puteri Bupati Tuban Tumenggung Arya, yang bernama Nyai Ageng Manila. Dan lebih tepatnya disinilah Beliau mendapat gelar sebagai Raden yang akhirnya dipanggil sebagi Raden Rahmat, saat beliau pertama kali menginjakan kaki di Tanah Ampel ini beliau mendirikan Masjid sebagai pusast ibadah dan dakwah beliau. Bahkan beliau juga mendirikan sebuah Pesantren dengan konsep yang sama dengan milik ayahnya yaitu Sunan Gresik. Salah Satu ajaran Sunan Ampel adalah beliau sangatlah memperhatikan kebiasaan masyarakat yang didiknya itu berguna agar ajarannya tersebut dapat diterima dengan baik oleh masayarakat setempat, Salah satunya seperti pengucapan Sholat, mereka menyebutnya dengan "Sembahyang", Musholla, mereka menyebutnya "langgar", bahkan para muritnya ini di sebut dengan Santri yang pengucapannya mirip dengan "Shastri" yang berarti di dalam agama hindu itu adalah Buku Suci.

Lokasi Makam Sunan AmpelLokasi Makam Sunan Ampel

Beliau "Sunan Ampel" ini cukup terkenal dengan Kebijaksanaannya sampai suatu ketika ayah beliau Wafat, beliau menggantikan posisi ayahnya sebagai Salah Satu Wali Songo dan beliau menjadi Juru Fatwa di Tanah Jawa. Sunan Ampel Wafat pada Tahun 1478 dan dimakamkan di samping masjid Ampel, Sampai sekarang pesarean atau makam Sunan Ampel Ramai di kunjungi para Wisata Religi dari semua penjuru arah terutama saat menjelang Bulan Suci Rahmadan, Tidak jarang pada malam ganjil di 10 hari terakhir Bulan Rahmadan banyak sekali peziarah datang sampai kurang lebih 20.000 orang. Kawasan ini telah resmi sebagai Wisata Religi oleh Pemkot Kota Surabaya yaitu pada Tahun 1972, tidak jarang juga terdapat Wisatawan dari mancanegara juga contohnya seperti Belanda, Arabia, Saudi, China, dan Negeri tetangga kita yaitu Malaysia juga masih banyak lagi yang lainnya, terkadang ada bule yang non muslim juga ikut mendatangi Pesarenan Waliyullah ini.

Bagi yang mengunjungi Makom Sunan Ampel ini, sudah pasti akan mendapatkan Rahmat ASALKAN dengan niat yang BENAR serta "lillahitaalla" disini anda juga akan di suguhkan dengan gaya arsitektur bangunan dengan gabungan gaya Arab dan Jawa Kuno. Masjid ini di percayai oleh masyarakat sekitar konon yang katanya memiliki karomah yang tinggi karna masjid ini telah berkali - kali di serang penjajah namun masjid ini tidak memiliki kerusakan serius, Kayu jadi yang kokoh tetap berdiri tegak menompang Masjid ini, Selain itu masih ada lagi yang menarik yaitu terdapatnya Perkampungan Arab yang berada di lokasi Jalan Ampel Masjid 53 dan Jalan Ampel Suci 45 hanya berjarak 10km dari pusat kota Surabaya, jika anda mencari barang - barang khas arab silahkan anda cari di kampung arab ini, karena disini sangat lengkap dengan barang - barang khas arabia.

Informasi Makam Sunan Ampel Kota SBY, Jawa Timur

Lokasi Masjid Sunan Ampel :
Jalan KH Mas Mansyur Kelurahan Ampel, Semampir, Surabaya, Jawa Timur
No Telepon :
(031)3537948

Cara dan Rute Menuju Makam Suna Ampel


  • Jika anda menggunakan bis, Dari terminal Bungurasih silahkan anda lanjutkan dengan menggunakan Bis kota Tujuan Jembatan Merah Plasa, setelah itu naiklah Becak atau Taksi kira - kira anda membayar Rp 8.000
  • Jika anda menggunakan Mobil pribadi anda dapat langsung menuju ke lokasi Wisata Religi Sunan Ampel, dan menurut saya ini lebih menghemat biaya.
  • Kalok anda menggunakan Kereta api silahkan anda turun di stasiun Semut dan silahkan anda naik becak kurang lebih biayanya Rp 7.000


Semoga Bermanfaat informasi yang telah saya sampaikan di atas, jangan lupa liah juga informasi - informasi yang lainnya di Club Wisata

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lokasi Makam Sunan Ampel"

Posting Komentar

Jika anda ingin bertanya tentang Artikel ini silahkan luangkan waktu anda sejenak dan isi kolom Komentar di bawah ini.