Jalan Menuju Makam Sunan Muria Di Kudus

Jalan Menuju Makam Sunan Muria Di Kudus

Saya ini adalah salah satu Wisatawan Religi yang ada di Indonesia ini, dari sinilah saya berniat membagiakn sebuah informasi tentang Wisata Religi, dan kali ini saya ingin membagikan Wisata Religi yaitu makom dari salah satu Wali Songo atau Wali Sembilan yang dikenal sebagai Sunan Muria yang nama aslinya sendiri ialah Raden Umar Said. Dan Berikut inilah penjelasan saya mengenai Lokasi makam Sunan Muria atau Jalan Menuju Makam Sunan Muria.

Sejarah Sunan Muria
Sunan Muria ini adalah julukannya dan nama aslinya sendiri ini adalah Raden Umar Said atau dulu lebih di kenal sebagai Raden Said, beberapa riwayat menyatakan bahwa Raden Said ini adalah putra dari Sunan Kalijogo dengan Dewi Soejinah putri dari Sunan Ngandung. Beliau (Raden Said) kenapa kok bisa di juluki Sunan Muria?? Karena Beliau di kebumikan di Gunung Muria, gunung ini berbatasan dengan kabupaten kudus, pati, dan jepara. Beliau adalah salah satu wali Songo dan menyebarkan ajaran Agama Islam di Jawa bersama Sunan - sunan yang lainnya.

Jalan Menuju Makam Sunan Muria Di Kudus

Tata tertib Peziarah Makan Sunan Muria

Sebelumnya anda harus patuhi tata tertib ini ya kawan, agar kenyamanan bersama sebagai peziarah, Tata tertibnya sebagai berikut :
  • Ketua rombongan atau panitia mendaftar kepada petugas pendaftar.
  • Para tamu dimohon agar berbusana dan berperilaku sopan.
  • Penyampaian amanat kepada petugas penerima amanat.
  • Melepas dan membungkus sandal atau sepatu demi kerapian dan kebersiahan bersama.

Para tamu dilarang:

  1. Minum, Makan, Merokok di sepanjang jalur antri masuk lokasi makom.
  2. Menggunakan pengeras suara di lokasi makom.
  3. Tiduran atau duduk - duduk di sepanjan jalur antrian masuk.
  4. Membawa benda - benda yang mudah terbakar atau berbahaya.

Para tamu di perbolehkan:

  1. Minta bantuan pengurus makom untuk memimpin do'a seperti tahlil
  2. Peziarah boleh masuk ke dalam cungkup makom Sunan Muria hanya pada waktu - waktu tertentu saja seperti hari: Kamis Wage, dan Kamis Legi. Itu buka pada pukul 06.00 - 24.00, dan pada Hari Jum'at Kliwon dan Jum'at Pahing itu buka pada pukul 06.00 - 16.00 saja, selain hari - hari tersebut ziaroh dilakukan di luar makam inti.
  3. Peziaroh boleh bermalam disana dengan batasan maksimal 2 hari atau silahkan menyerahkan kartu identitas anda ke kantor, bisa juga ke petugas keamanan.
  4. Membantu perawatan makom sunan muria dengna memasukkan amal ke kotak amal yang tersedia di sana.
  5. Minta informasi di sekretariat Yayasan masjid juga makam Sunan Muria untuk hal-hal yang belum tercantum di atas.


Jalan Menuju Makam Sunan Muria Di Kudus

lokasi Menuju Makam Sunan Muria Di Kudus
Jarak dari kota Kudus dengan makom Sunan Muria ini yang berada di Gunung Muria kira-kira berjarak 19 KM kurang lebih dapat di tempuh dengan waktu 2 jam menggunakan mobil. Nanti di anda akan menjumpai gerbang retribusi atau pintu masuk awal makom, pembayarannya cukup tejangkau hanya Rp2.000 per orang di tambah lagi jika anda menggunakan mobil di kenakan biaya Rp10.000. Setalah anda melewati pintu masuk tersebut, anda masih perlu menempuh 2KM lagi untuk berada di Lokasi makom peristirahatan Sunan Muria putra dari Sunan Kalijaga dengan Dewi Saroh binti Maulana Ishak. Disana tersedia dua pilihan untuk sampai di makom peristirahatan Sunan Muria, yaitu dengan manaiki anak tangga (berjalan kaki) yang menanjak atau dengan menaiki ojek yang harganya Rp10.000 per orang, terserah anda mau pilih yang mana  ojek atau jalan kaki.

Inilah yang dapat saya sampaikan mengenai Makom Sunan Muria yang ada di Gunung Muria, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi jangan lupa lihat artikel artikel saya yang lainnya terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalan Menuju Makam Sunan Muria Di Kudus"

Posting Komentar

Jika anda ingin bertanya tentang Artikel ini silahkan luangkan waktu anda sejenak dan isi kolom Komentar di bawah ini.